Penerapan Model Role Play Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Prodi D-Iv Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh
abstrak: Ketrampilan berbicara adalah salah satu dari empat ketrampilan yang harus dikuasai mahasiswa ketika belajar Bahasa Inggris. Data hasil wawancara dan kuisioner menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam berbicara Bahasa Inggris sehingga membuat mereka enggan berbicara. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan berbicara mahasiswa. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dari bulan September s/d Nopember 2016. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat III Prodi D-IV Poltekkes Kemenkes Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui test, observasi, interview, dan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Ketrampilan berbicara mahasiswa meningkat setelah diterapkan metode role play. Hal ini dibuktikan dengan konfersi nilai rata-rata pra siklus dan pasca siklus mengalami peningkatan. Sebelum metode role play diterapkan nilai rata-rata yang diperoleh hanya 60,9. Sedangkan, setelah implementasi role play terjadi peningkatan nilai rata yaitu sebesar 8 sehingga nilai rata-rata yang diperoleh menjadai 68,8. Kemudian pada siklus selanjutnya yaitu siklus kedua, skor rata-rata meningkat sebanyak 3,3 sehingga nilai rata-rata menjadi 72,1. Kata Kunci: Ketrampilan berbicara, Role Play, Gizi
Info Jurnal
Penulis:Halimatussakdiah
Judul:Penerapan Model Role Play Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Prodi D-Iv Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh
KategoriKesehatan Ilmiah
VolumeVol. 10. No. 1
Tahun2017-04-01

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php55/usr/lib64/php/modules/clamav.so' - libclamav.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: